Aplikasi FTP Server

Contoh Aplilkasi Pada FTP Server


OFTPD

Tidak seperti FTP server lain-nya yang dapat login ke user yang ada dalam sistem mau-pun login ke virtual user, oftpd dibuat hanya sebagai FTP server untuk user anonymous. Pada awalnya, oftpd dibuat oleh Shane Kerr untuk me-menuhi kebutuhan FTP server dikantornya. Dan setelah bebe-rapa lama dibuat, barulah oftpd dirilis untuk public.Untuk urusan security,   meski pada awalnya oftpd harus dimulai dari user root, setelah inisialisasi oftpd dapat berjalan dengan menggunakan user lain yang didefinisikan di parame-ter usernamenya. Hal ini untuk mencegah risiko root exploits.
Oftpd juga tidak membutuh-kan persyaratan  hardware yang besar untuk dapat menjalan-kannya. Anda hanya membu-tuhkan komputer sekelas 486 untuk dapat menjalankan oftpd.
Sayangnya, dokumentasi dan user manual yang menyertai oft-pd sangat minim. Anda hanya dapat menemukan sebuah file README dan FAQ yang ber-bentuk file txt. Di file tersebut juga tidak terdapat petunjuk pengonfigurasian aplikasi ini. Secara umum, jika Anda membutuhkan FTP Server yang ringan dan  anonymous only, rasanya oftpd sudah cukup me-menuhi kebutuhan Anda.

PROFTPD

Jika Anda mencari aplikasi FTP server yang memiliki banyak fitur dan mudah ikonfigur-asikan, gunakan saja ProFTPD. ProFTPD memang di desain memiliki kelebihan dalam hal kemudahan pengonfigurasian seperti file konfigurasi yang ada di Apache web server. Beberapa di antaranya seperti adanya fi-tur virtual host dan per directory “.ftpaccess” file.Beberapa fitur lain yang di-miliki oleh ProFTPD di anta-ranya, konfigurasi yang terdiri dari sebuah file, mudah untuk mengonfigurasikan multiple vir-tual FTP server dan anonymous FTP services, logging dan utmp/wtmp support, Authentification modules untuk (SQL database, LDAP Server, SSL/TLS encryp-tion, etc), IPv6 support, dan se-bagainya.Di situs ProFTPD, tertera beberapa situs besar yang telah menggunakan ProFTPD sebagai FTP servernya. Beberapa di an-taranya adalah  www.sourceforge.net, ftp.samba.org, www.slack-ware.com, dan banyak lagi.
Terlepas dari masalah securi-ty hole yang pernah dimiliki oleh ProFTPD, tampaknya ProFTPD sangat layak bagi Anda yang le-bih  mengutamakan kemudahan konfigurasi dan membutuhkan banyak fitur pada sebuah aplika-si FTP server.


Instalasi:

Lakukan instalasi paket software proftpd dengan mengetikkan perintah seperti berikut. Maka akan muncul dua pilihan, "from inetd" dan "standalone". Pilih saja standalone.

#apt-get install proftpd

Selanjutnya lakukan konfigurasi pada "proftpd.conf" dengan mengetikkan perintah seperti berikut

#pico /etc/proftpd/proftpd.conf

Tambahkan script berikut pada bagian paling akhir dari script default yang ada di proftpd.conf.


<Anonymous   /home/bukan/bagibagi>
User              ftp
UserAlias     anonymous         ftp 
                  <Limit READ WRITE>
                           Allow All
                  </Limit>
 </Anonymous>

Keterangan:
User yang dipakai
Direktori sharing
User ftp ber-autentikasi(ber-password)
User anonymous

Setelah itu save dengan menekan Ctrl+O, dan keluar dengan menekan Ctrl+X. Kemudian buatlah direktori sharing "bagibagi" pada /home/(user)/ dan ubah hak aksesnya menjadi read write execute seperti berikut 


#mkdir /home/bukan/bagibagi
#chmod 777 /home/bukan/bagibagi
Kemudian hapuslah user ftp default dan gantikan dengan user ftp baru seperti berikut

#userdel ftp
#useradd ftp -d /bagibagi/ftp
#passwd
Enter new UNIX password:
Retype new UNIX password:
passwd: password updated successfully
Kemudian lakukan restart pada "proftpd" dengan mengetik /etc/init.d/proftpd restart lalu tekan Enter, seperti contoh berikut 

#/etc/init.d/proftpd restart
Stopping ftp server: proftpd.
Starting ftp server  : proftpd.
pan>  
Instalasi FTP Server telah selesai.

pureFTPD

PureFTPd merupakan FTP server yang aman, yang dibuat berdasarkan aplikasi Troll-FTPd. PureFTPd berfokus pada efisiensi dan kemudahan penggunaan sehingga sangat co-cok digunakan oleh para newbie. Beberapa fitur yang dimi-liki PureFTPd,  di antaranya Authentification modules untuk (SQL database, LDAP Server, SSL/TLS encryption, etc), IPv6 support, support bandwidth throttling,  support virtual quota system, anti warez system, dan se-bagainya.Untuk masalah  security yang berkaitan dengan root exploit, PureFTPd dapat dijalankan dengan mode privilege separa-tion, jika Anda menginginkan sistem keamanan yang para-noid. PureFTPd dapat berjalan dengan 100% non-root, dengan built-in chroot() emulation dan virtual accounts.Hal lain yang membuat peng-gunaan PureFTPd semakin mu-dah digunakan adalah dukung an dari Third Party software yang dapat menambah kemudahan konfigurasi dari web maupun desktop.Jika Anda mencari FTP Server yang cukup aman dan mudah untuk dikonfigurasi, mungkin PureFTPd dapat menjadi alter-natif yang baik untuk Anda gu-nakan.

vsFTPD

Persyaratan utama sebagai FTP Server yang jauh dari security hole dan memiliki ke-handalan yang tinggi, sudah sangat dipenuhi oleh vsftpd. Tak heran jika kami memilih
vsftpd sebagai pemenang “Adu Software” kali ini.Bahkan pihak SAC dari SANS yang terkenal dalam mengulas masalah security, merekomen-dasikan vsftpd sebagai pilihan
FTP Server yang akan Anda gu-nakan. Dari segi fitur tambahan, vs-ftpd tidak memiliki banyak fi-tur seperti halnya ProFTPD. Mungkin hal ini berkaitan de-ngan  tujuan utama vsftpd ya-itu berprioritas pada keamanan dan kecepatan. Beberapa fitur lain yang dimiliki vsftpd, di an-taranya, virtual IP configura-tion, virtual users, powerful per-user configurability, bandwidth throttling, dan sebagainya.Bahkan dari percobaan yang telah dilakukan oleh seorang u ser vsftpd, didapatkan hasil ka-lau vsftpd mampu menampung beban sampai 2,6 TB dengan 1500 user mengakses secara ber-samaan, dengan hanya menggu-nakan sebuah komputer!Tampaknya vsftpd memang sangat tepat digunakan untuk Anda yang menginginkan FTP server yang andal dan memiliki
tingkat keamanan yang tinggi.

Instalasi:

Pemasangan vsftpd di Ubuntu 7.10 cukup sederhana, terlebih lagi paket ini sudah tersedia dalam repositori. Seperti biasa, cukup buka sebuah terminal dan ketik perintah berikut ini:
$ sudo apt-get install vsftpd
Sebelumnya pastikan repositori sudah dikonfigurasi dengan benar, jika menggunakan server repo dari internet pastikan bahwa koneksi internet sudah hidup. Kalau koneksi internet tidak ada atau sangat lambat silakan menggunakan DVD repositori.

Pengaturan

Langkah selanjutnya setelah selesai melakukan pemasangan vsftpd adalah melakukan beberapa pengaturan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Berkas konfigurasi vsftpd terdapat di /etc/vsftpd.conf, dan jangan lupa untuk membuat back up sebelum melakukan apapun (biasakan melakukan hal ini, karena manfaatnya sangat besar jika terjadi kesalahan).

$ sudo cp /etc/vsftpd.conf /etc/vsftpd.conf.asli
Perubahan konfigurasi dapat dilakukan dengan merubah secara langsung menggunakan sembarang editor teks (nano, vim, emacs, gedit, dll). Dalam kasus ini editor yang digunakan adalah vim, maka dari terminal.

$ sudo vim /etc/vsftpd.com
Beberapa konfigurasi yang akan diubah diantaranya:
·      anonymous_enable, pengaturan ini akan diset menjadi NO supaya hanya useryang terdaftar di server saja yang bisa menggunakan layanan FTP.
·      local_enable, pengaturan ini berguna untuk mengizinkan user lokal login ke server FTP, diset YES.
·      write_enable, pengaturan ini untuk menentukan apakah seorang userdiizinkan menulis ke suatu direktori atau tidak, dengan kata lain melakukan unggah (upload) ke direktori home-nya , diset YES.
·      ftpd_banner, pengaturan ini untuk menentukan pesan selamat datang saat seorang user login.
·      chroot_local_user, pengaturan ini berguna untuk membatasi user agar tidak bisa berpindah dari direktori home-nya, diset YES.
·      Sebenarnya masih ada banyak pengaturan lain yang tersedia di/etc/vsftpd.conf, silakan membaca keterangan yang terdapat di sana (untuk keterangan selengkapnya silakan melihat halaman manual vsftd.conf), dan jika ingin mengaktifkan suatu pengaturan cukup menghilangkan tanda # di depannya. Sebagai contoh, sebelum diaktifkan akan terlihat seperti ini,

#chroot_local_user=YES

Setelah diaktifkan akan menjadi:

chroot_local_user=YES

Pengaturan selengkapnya terlihat seperti ini (yang diperlihatkan di sini hanya pengaturan yang dirubah):

anonymous_enable=NO
local_enable=YES
write_enable=YES
ftpd_banner=Selamat datang dilayanan FTP sarimula chroot_local_user=YES

Jika sudah selesai melakukan pengaturan, simpan pengaturan tersebut dan keluar dari vim. Supaya pengaturan tersebut langsung digunakan, maka layanan vsftpd harus direstart dengan perintah

$ sudo /etc/init.d/vsftpd restart
* Stopping FTP server: vsftpd [ OK ]
* Starting FTP server: vsftpd [ OK ]

Mencoba Layanan vsftpd

Untuk mencoba layanan server FTP, gunakan perintah ftp dari terminal.

$ ftp localhost
Connected to localhost.
220 Selamat datang dilayanan FTP sarimula.
Name (localhost:rotyyu): rotyyu
331 Please specify the password.
Password:
230 Login successful.
Remote system type is UNIX.
Using binary mode to transfer files.
ftp> pwd
257 "/"
ftp> cd /media/multimedia/
550 Failed to change directory.
ftp>

Sekarang server FTP sudah siap digunakan.

Wu-FTPD

Wuarchive-FTPD, atau yang disingkat dengan WU-FTPD merupakan peng-ganti dari ftp daemon (ftpd) untuk system Unix yang dibuat oleh Washingthon University. Tak heran kalau dulu Wu-FTPD dikenal sebagai ftp daemon yang paling banyak digunakan di Internet.Sayangnya, sebagai salah sa-tu FTP server tertua yang kami ujikan kali ini, Wu-FTPD mem-punyai banyak sekali celah ke-amanan yang dapat ditembus. Di situsnya sendiri tertera bebe-rapa patch yang bisa d-download untuk menambal celah keaman-an  di Wu-FTPD. Tentu hal ini sangat riskan bagi server-server bisnis yang sangat mengutama-kan keamanan pada server-nya.Selain itu, fitur yang dimi-liki oleh FTP Server yang satu ini juga tidak banyak. Beberapa feature yang dimilikinya antara lain, support ftpgroups, ftphosts, ftpservers, ftpusers, ftpaccess, dan ftpconversion. Aplikasi ini juga tidak memiliki fitur untuk Authentification modules  seper-ti yang dimiliki oleh ProFTPD.Sepertinya Wu-FTPD tidak cocok digunakan bagi Anda yang sangat mengutamakan fak-tor keamanan. Tapi kalau seka-dar digunakan untuk berbagi file umum, aplikasi ini masih cukup baik untuk Anda gunakan.

WzdFTPD

Alternatif FTP server lain yang dapat Anda gunakan adalah wzdftpd. Wzdftpd meru-pakan FTP server yang didesain modular, dan mudah dikonfi-gurasi melalui SITE command. Wzdftpd dibuat dengan be-berapa filosofi, yaitu free soft-ware, transparant, didesain un-tuk user, dan  respect terhadap licenses. Meskipun aplikasi ini kurang begitu dikenal sebagai FTP Server, wzdftpd memiliki be-berapa fitur yang cukup lengkap diantaranya yaitu, simple con-figuration file, online adminis-tration (using SITE command), backends to store users/groups in different stucture, extension scripts dapat ditulis dengan menggunakan bahasa TCL atau PERL, jobs scheduler, SSL/TLS Support, IPv6 Support,  por table (berjalan di Linux, BSD, dan Windows), dan banyak lagi.Bagusnya lagi, wzdftpd dilengkapi dengan dokumentasi user guide yang cukup lengkap, sehingga dapat mempermudah kita untuk menggunakan ap-likasi ini. Pada akhirnya, jika Anda i ngin  bereksperimen  dengan mencari FTP server yang dapat berjalan di banyak  platform, mungkin aplikasi ini dapat men-jadi alternatif  FTP Server yang  baik untuk Anda pilih.



Komentar

Postingan Populer